Sumber : Era Muslim.com
Netters eramuslim yang dimuliakan Allah SWT, membangun ekonomi ummat adalah sebuah kewajiban, karena ekonomi yang kuat akan menjadi pilar dari kebangkitan Islam. Sebuah perenungan: kenapa kebanyakan negeri muslim yang kaya sumber daya alam justru banyak yang hidupnya miskin, sedangkan negeri-negeri non muslim yang notabene miskin sumber daya alam justru mereka unggul dan hidup makmur? Kita butuh banyak sekali pengusaha muslim yang memiliki visi bisnis yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, bukan bisnis yang hanya memperkaya diri sendiri, tapi bisnis yang menjadi penopang tegaknya dakwah Islam.
Nah oleh karena itu saya ingin mengajak anda untuk bisa menjadi pengusaha. Mudahkah? Nggak, tapi dengan menjadi pengusaha Insya Allah kita menjadi mandiri, kita tidak lagi tergantung dengan orang lain, kita punya izzah. Lalu di sisi lain jika kemakmuran bisa diraih maka ummat Islam semakin kuat.
Jadi Anda ingin memulai usaha? Kapan Anda akan memulai berfikir untuk mempertimbangkan memulainya? Insya Allah di beberapa tulisan ke depan saya akan menyajikan ide-ide terkait tentang mendapatkan inspirasi bisnis, membuat tujuan bisnis, meningkatkan pengetahuan tentang bisnis anda, dan segala yang terkait tentang bagaimana membangunnya. Nah untuk awal tulisan berikut ini 10 cara untuk berhenti sejenak dan berfikir tentang karir anda, kemana ia akan anda bawa dan mengapa lebih baik jika suatu saat anda mendirikan usaha sendiri.
  1. Impian Anda – sesuatu yang membuat anda mempertimbangkan untuk membangun usaha sendiri. Berhenti membaca artikel ini sejenak, duduk santai, tutup mata anda dan bayangkan dengan fikiran jika anda memiliki usaha sendiri, bagaimana rasanya? Apakah rasanya menyenangkan? Tapi jangan kelamaan ya, nanti ketiduran lagi…
  2. Tanyakan kepada anggota keluarga – orang tua, istri, kakak atau adik kita terkadang lebih mengenal diri kita dibandingkan kita sendiri. Terlebih lagi jika ternyata orangtua kita ternyata memiliki atau pernah memiliki usaha sendiri, biasanya jika ada keturunan pengusaha menjadikan anda lebih mudah memulai usaha yang sukses.
  3. Check Jadwal harian anda – pada saat awal memulai usaha anda akan kehilangan waktu untuk bersantai dan berekreasi. Ayo luangkan sejenak untuk membuat rencana bisnis anda. Kalau ini sulit dilakukan, fikirkan lagi karena ini masa depan anda lho.
  4. Tinggalkan Handphone dan gadget anda – cobalah melakukan perjalanan menyendiri dengan handphone anda yang dimatikan dan gunakan kebebasan anda dari segala macam gangguan untuk menuliskan ide-ide anda.
  5. Berdiskusi dengan teman – ajak bicara teman kita, brainstorming sambil terus menulis dan berfikir apa saja masukan dari teman dekat anda. Ini bisa dilakukan sambil minum teh bersama atau dalam suasana santai sehabis makan siang. Kalau pun sempat undang saya saja ya, kita diskusi sama-sama (hehehe….asik juga tuh)
  6. Mendapatkan ide dari social media – mengikuti tweet atau facebook dari pakar bisnis, pelaku bisnis dan orang-orang sukses sedikit banyak akan memancing ide-ide segar yang bisa langsung anda tulis sebagai bagian dari ide besar usaha anda.
  7. Jalan Pagi – setelah sholat shubuh, tilawah dan zikir pagi, kenapa tidak mencoba untuk berolah raga sekitar 30 menit sebelum memulai hari sibuk anda? Dengan menghirup udara pagi yang segar anda bisa melakukan self talking (berbicara dengan diri sendiri) untuk mengulas ide-ide brilian anda. Badan sehat, fikiran segar dan ide pun di dapat
  8. Mengikuti komunitas usaha – wah ini bisa menjadi ladang ide segar, karena disini anda bisa mendapatkan beberapa teman baru yang tentunya memiliki pengalaman tentang bagaimana memulai usaha baru dan menjadi sukses. Segera daftarkan diri anda dalam komunitas usaha. (Insya Allah ke depan kita akan bangun juga komunitas pengusaha Eramuslim)
  9. Tanya kepada mantan boss anda – mungkin saat ini anda bekerja diperusahaan kedua atau ketiga dari perusahaan yang sebelumnya anda tinggalkan. Jika anda punya track record yang bagus, anda bisa mendapatkan nasehat dari mantan boss anda, ini bisa menjadi barometer mengukur kemampuan diri anda.
  10. Sholat dan berdo’a – Nah disinilah segalanya dimulai, memohon petunjuk dari Allah SWT agar langkah yang nanti diambil adalah langkah terbaik dan mendapat bimbingan Allah SWT. Apa pun keputusan anda semata hanyalah mengharap ridho Allah SWT.
Nah netters, siapa pun anda apa pun profesi anda, berapa pun usia anda saya yakin jika anda sudah berniat untuk membangun usaha sendiri, mendirikan bisnis yang sukses adalah hal yang sangat mungkin. Ide-ide itu sekarang sedang tidur dan menanti untuk dibangunkan, dituliskan dan tentunya dilakukan. Semoga tulisan singkat ini bisa merangsang ide-ide potensial tersebut menjelma menjadi kenyataan. Salam sukses berkah. Sampai ketemu di tulisan berikutnya
Wassalamu alaykum wr wb
MZ Omar
zomarst@gmail.com